Hari Perkiraan Lahir bayiku 7 April 2016. Namun, sampe minggu-minggu terakhir menjelang tanggal itu, tetap saja gak ada tanda-tanda apa-apa. Kan kalo menjelang lahiran akan ada tanda-tanda yang dirasakan bumil, kayak kontraksi palsu, atau keluar lendir darah. Nah, itu sama sekali gak ada.

Trus…

Suatu sore, keluar air netes-netes dari vagina. Dikit sih. Sempat curiga kalo itu air ketuban. Tapi karena gak pernah tau air ketuban tuh kayak apa, jadi aku mikirnya bisa jadi itu keputihan.

Trus agak maleman, keluar lagi tuh tetes-tetes air. Masih dikit juga.

Waktu itu aku lagi santai-santai. Mainan hp sambil tidur-tiduran di kasur. Saat itu menjelang jam 8 malam, aku bangkit dari kasur. Pas berdiri, tiba-tiba byurr…. kali ini bukan tetes-tetes lagi, tapi banjir! Air berwarna bening dengan tekstur cenderung cair membasahi lantai, keluar begitu saja tanpa bisa ditahan. Yakinlah aku kalau itu air ketuban.

Aku langsung heboh, manggil-manggil Ibu:”Buuu… aku mau lahiran.” Excited campur deg-degan. Inilah saat yang kutunggu-tunggu.

Ibu tergopoh-gopoh masuk kamar, dan bilang,”yawes cepet ganti baju. Ibu panggilin becaknya Pakdhe Seger dulu.”
Pakdhe Seger adalah tetangga dekat rumah yang sudah tandatangan kontrak *halah pret* dengan ibuku buat sewaktu-waktu nganterin aku lahiran.

“Keset mana Bu? Ini lantainya basah semua,”kataku sambil nunjuk lantai. Kalo dipikir-pikir, konyol juga. Sempat-sempatnya mikirin bersihin lantai. Wkkk…

“Udaaah… itu nanti saja diurusin. Sekarang yang penting kita berangkat ke Bu Yanah sekarang.” Kata Ibu. Bu Yanah adalah bidan yang sudah kurencanakan untuk membantu kelahiranku.

Oh ya, kenapa aku milih lahiran di bidan yang praktek di rumah? Kenapa tidak di RS aja? Ya, aku emang udah bertekad, selama gak ada masalah apa-apa dengan kehamilanku, aku tidak ingin melahirkan di RS, soalnya aku takut. Takut dengan suasana RS yang ramai. Takut kalo bakal down duluan karena denger suara jerit-jerit dari ibu-ibu lain yang lagi melahirkan.

Kalo di rumah bu bidan kan suasananya tenang. Cuma aku sendirian aja yang melahirkan. Yah, beda-beda tipislah sama homebirth. Ya nggak? Wkwkwk…

Soal biaya, meskipun tidak terlalu jadi pertimbanganku.. di bidan lebih murah. Cuma 1,5 juta. Kalo di RS 4jutaan.

Okw kembali lagi ke cerita. Dengan naik becak bersama ibu, aku menuju rumah Bu Yanah yang berjarak 2 gang dari rumahku. Di jalan aku sms suamiku. Ya, posisi suamiku di kota lain (Kota S): “piy ketubanku dah pecah. Ini aku dah mau ke bidan.”

Tidak ada balasan.

Sampe di tempat Bu Yanah, aku disambut asistennya yang lagi jaga. Aku disuruh berbaring di kasur yang tinggi. Disuruh naikin rok dan ngangkang buat ngecek bukaan.

“Bu… hapeku lowbat. Tolong dicas dulu.” Kataku ke Ibu.”ada colokan dimana mbak?”tanyaku ke mbak asisten.

“Aduuh… nanti aja ngurusin hapenya. Sekarang yang penting dicek dulu ini bukaannya.”kata mbak asisten.

Dicek bukaan. Aku gak yakin prosesnya gimana.. soalnya aku dalam kondisi berbaring dan gak ngliat ke bawah. Tapi kayaknya jarinya mbak asisten dimasukin ke vaginaku. Entah, pokoknya rasanya kayak vaginaku diobok-obok.

“Masih bukaan satu.”kata mbak asisten.

Aku sedikit kecewa. Yah, masih lama dong. Secara untuk melahirkan kan bukaannya sampe sepuluh.
Sementara itu, air ketuban terus mengocor.

Sama mbak asisten aku diajak pindah ruangan. Ke ruangan sebelah. Kali ini kasur biasa, bukan kasur tinggi. Ada 3 kasur disana. Aku berbaring di kasur 1, sementara ibuku duduk-duduk di kasur 2.

“Ini masih bukaan satu mbak. Ntar mungkin lahirannya tengah malam. Saya tinggal dulu ke kamar saya ya. Nti kalo mbak udah ngerasa mules kayak kebelet be’ol, panggil saya ya.”

Tinggallah aku di ruangan itu berdua dengan ibuku. Aku sms suamiku lagi,”piy. Nanti katanya aku lahiran tengah malam.”

Masih tidak ada balasan.

Perutku terasa sedikit sakit. Oh, kayak gini aja toh ternyata rasanya kontraksi. Cemen ah. Kupikir sakit kayak apa, ternyata biasa aja. Huahaha… *pongah

Ehlahdalah… ternyata semakin lama semakin sakit. Tapi masih bisa kutahan, aku masih bisa tenang. Kusambi hapean untuk mengalihkan perhatianku. Browsing-browsing: bagaimana mengatasi sakit kontraksi, bagaimana pernapasan waktu persalinan.
Hari gini baru browsing gituan. Kemana aja selama ini coy?

Aku sms suamiku lagi:”piy… kesinio. Aku pengen ditemeni kamu.”

Masih tidak ada balasan.

Kutelpon, tidak diangkat. Ah, sial. Pasti dia lagi tidur. Dan dia memang selalu silent HP nya. *sampe sekarang sebenernya aku masih marah dan kecewa kalo inget hal ini. Grrrr…..

Semakin lama rasa sakitnya semakin kuat. Aku dah gak sanggup hapean lagi karena sudah fokus dengan rasa sakitku. Cuma bisa menarik napas dan menghembuskannya keras-keras dengan harapan bisa mengurangi rasa sakit (hasil browsing. Ekekek).

“Aduuh… aduuh…,”begitu rintihku.

Eh, ibuku tiba-tiba nimbrung,”mbokyo jangan aduh. Astagfirullah haladzim… gitu lho.”

Sebenernya nasehat ibuku baik. Tapi saat itu aku sedang sangat kesakitan, kujawab:”aahh… biarin aja. Orang lagi sakit juga. Plis jangan berdebat sekarang.”
Tapi kalo dipikir-pikir, kata ‘astagfirullah hal adzim’ kan lumayan panjang. Masa’ orang yang lagi kesakitan disuruh ngucap kata sepanjang itu. Mending ngucap ‘ya Allah’ saja kan ya.

Semakin lama semakin kuat rasa sakitnya. Pernah sakit perut saat mens? Nah, sakitnya mirip itu, tapi dalam kadar berkali-kali lipat. Ibarat kripik Maicih, sakit perut saat mens itu adalah kripik Maicih level 3. Sedangkan kontraksi itu sampe level 10. Kali-lipatin sendiri aja dah.

Lama-lama aku gak kuat. Aku bilang ke Ibu,”panggilin mbak asisten Buuuu…. sakiiit.”

Ibu:”lha kamu udah ngrasa mules kayak kebelet beol gak?”

Aku:”belum. Tapi ini udah sakit banget.”

Ratapanku semakin keras. Ibu bergegas ngetuk pintu kamar mbak asisten. Mbak asisten keluar dengan tergeragap, abis bangun tidur kayaknya. Katanya:”ya ampun mbak, aku kaget dengar suara sampeyan teriak-teriak.”

“Sa-kit ba-nget mbak,”kataku dengan terputus-putus.

Sama mbak asisten aku diajak pindah ruangan ke kasur tinggi lagi. Dicek bukaan. Masih bukaan 5 katanya. Hadooh… masih jauh ternyata.

~Bersambung dah, biar gak kepanjangan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s