Skincare, Cowok, dan Kesetiaan

Beberapa hari ini aku iseng baca-baca thread skincare di Femaledaily Forum. Ada yang belum tau Femaledaily? Femaledaily adalah forum wanita terbesar di Indonesia. Jadi di forum itu, kita para wanita, bisa ngobrolin apa aja. Yup… tuh forum bener-bener lengkap. Mulai dari bahas make up, skincare, olshop, fashion, kesehatan, kehidupan rumah tangga, kehamilan, ngurus anak, bisnis, travelling, dll. Dan asiknya lagi, forumnya tertib, moderatornya tegas. Gak ada tuh komen iseng seperti ‘pertamax gan’ atau ‘ah yang boneng gan’ kayak di kaskus. Karena untuk posting ada aturannya. Bagusnya, jadi postingan para membernya bener-bener postingan yang memang bermanfaat untuk dibaca. Yang pengen tau silahkan buka aja http://forum.femaledaily.com . Sorry, aku terlalu malas buat screenshoot, jadi baca sendiri ajalah ya *blogger gak niat.

Hadeh, jadi ngelantur kemana-mana. Oke kembali lagi ke laptop.
Pas baca thread tentang Viva Skincare, aku nemuin postingan ini:

image

Aku langsung mupeng baca postingan ini, dan seketika itu langsung pengen beli juga pelembab Viva White Yoghurt. Membayangkan wajahku jadi kinclong kayak yang diceritain cewek di postingan itu. Alangkah indahnya dunia. *lebay. Apalagi Viva nih murah meriah. Apa lagi yang kita harapkan dari sebuah produk selain murah dan bagus?

Tapi beberapa lama kemudian, setelah rasa excited-ku mereda… aku kemudian mikir-mikir lagi.

Ya, mukaku emang gak kinclong-kinclong amat kayak perawatan dokter. Tapi mukaku sekarang bisa dibilang bersih. Udah gak jerawatan lagi. Udah gak gampang komedoan lagi. Udah gak totol totol itam bekas jerawat lagi. Udah gak sesensitif dulu lagi. Udah PD ketemu orang tanpa harus dempulan….

Dan semua itu gak kuperoleh dengan mudah. Aku harus trial and error dulu sampe nemuin skincare yang tepat buat aku. Aku harus ngalami up and down saat jerawat dan komedo tak henti-hentinya datang meskipun aku sudah berusaha sebersih dan sedisiplin mungkin merawat wajah. Harus ngalami masa-masa dimana aku sampe gakmau membuka pintu kamar kosku karena kondisi wajahku yang sedemikian jelek…. minder ketemu orang.
Sampai akhirnya sekarang aku sudah mendapatkan rangkaian skincare yang tepat, yang lambat namun pasti, membuat kulitku perlahan-lahan membaik seperti sekarang ini. Semua itu kulalui dengan proses yang panjang.

Ya, sempat tergoda untuk menggantikan posisi pelembab TDF yang selama ini kupake dengan pelembab Viva. Apalagi secara harga jauh banget ya. Viva cuma lima ribuan, pelembab TDF 250ribuan. Ya, dengan harga yang mahal, tentu saja ingredients Viva dan TDF beda. Viva ada mineral oil, dimethicone, dan perfume nya (yang mana ketiga ingredients itu tidak terlalu kusukai. Dimethicone, potensi bikin komedoan. Perfume, bisa bikin iritasi kalo gak cocok.Mineral oil, dalam kondisi tertentu bisa bikin jerawatan). Sedangkan di pelembab TDF, ketiga ingredients tersebut tidak ada.

Walaupun demikian, bagaimanapun, skincare adalah masalah cocok-cocokan. Seperti Si Cewek yang posting di Forum Femaledaily itu, nyatanya kulit dia cocok banget sama Pelembab Viva itu.

Oke, sekarang aku.
Tapi, gimana kalo ternyata aku gak cocok?
Gimana kalo ternyata wajahku jadi jerawatan/komedoan lagi?

Wajahku kalo udah terlanjur kena jerawat karena gak cocok produk, itu susah nyembuhinnya. Gak semudah berhenti pake, kemudian kembali lagi pake skincare yang lama (dulu pernah ngalamin waktu nyobain pake Facial Wash Himalaya yang ijo).

Sanggupkah aku jerawatan kayak dulu lagi?
Gak.Aku gak sanggup.
Oke, bye Pelembab Viva, aku gak jadi nyobain kamu.
Pelembab TDF, maafkan aku yang sempat terfikir untuk mengkhianatimu.
*mulai ngaco.

——————–

Semua ini mengingatkanku pada kejadian dua tahun lalu. Ini soal cowok. Loh, apa hubungannya? Hush, duduk manis dan baca dulu ya 🙂

Waktu itu tahun 2014. Aku punya TTM-an namanya Ryan. Meskipun status hubungan kami gak jelas (gak pernah ada kata cinta, gak pernah tembak-tembakan), tapi dia serius sama aku. Dia berusaha dekat sama aku dan keluargaku, dan dia berusaha mendekatkan aku dengan keluarganya. Meskipun dia tidak pernah berjanji apa-apa terhadapku.
Dan benar saja. Dia memang serius, dan berencana melamarku beberapa bulan lagi *cihuy.

Dia ganteng, baik, mapan, gak neko-neko, royal. Apa lagi yang kuharapkan dari seorang pria?

Kemudian, selama masa menunggu dilamar itu, yang kurang beberapa bulan lagi, eh… tiba-tiba datang ke hidupku *halah* seorang cowok bernama Ari. Orangnya asik, hobi travelling dan naik gunung. Suka ngajak aku jalan-jalan dan menjelajahi kota pake motornya yang keren. Pas weekend, beberapa kali ngajak aku jalan-jalan ke tempat-tempat wisata di luar kota. Tentu saja aku mau, secara aku suka banget jalan-jalan. Apalagi Si Ari ini juga manis *opss

Aku mulai takut, jangan-jangan aku jatuh cinta sama Ari.
Hal ini sempat membuatku galau. Resah. Gelisah. Malam susah tidur. Merasa bersalah karena merasa telah berkhianat sama Ryan.

Kemudian, aku curhat sama temanku yang kupikir akan bisa ngasi nasehat aku. Namanya mbak Wirta. Mbak Wirta bilang gini:”Eh, tau nggak. Kamu ini kan orangnya labil, gampang emosian, gampang marah. Nah, Si Ryan ini kan kenal sama kamu udah lumayan lama, udah 2 taun kan ya. Dia udah tau gimana kamu kalo lagi marah, lagi emosi…. tapi dia tetep mau kan sama kamu? Dia mau nerima kamu apa adanya. Sedangkan Si Ari, kamu kan baru kenal, baru juga 2 bulan. Dia gak tau kamu aslinya kayak apa. Belum tentu loh dia mau sama kamu setelah dia tau kamu kalo lagi marah kayak apa. Lagipula, Si Ryan kan bentar lagi udah mau nglamar kamu. Kamu tega ta, menghancurkan rencana-rencana yang sudah disusunnya? Kamu tega ta kalo nyakitin hati dia dan keluarganya? Dia gak salah apa-apa lho.”

Hiks… bener juga. Maafkan aku Ryan, yang sempat terpikir untuk mengkhianatimu buat sesuatu yang belum jelas 😦

Kemudian, aku mulai berpikir jernih, dan mencoba menganalisa kelebihan dan kekurangan kedua cowok itu.

Ari, kelebihannya:
1. sehobi sama aku. Suka jalan-jalan.
2. aku tau dia kerja dimana. Yang aku tau, kerja disana emang gajinya lumayan gede, tapi aku gak tau dia pegawai tetap apa pegawai kontrak. So,aku belum bisa menilai dia mapan apa nggak. Bukannya matre ya, tapi hidup itu emang butuh uang. Kita beli apa-apa pake duit. Realistis aja.
3. manis
4. berada di kota yang sama denganku, yaitu Kota D.

Kekurangannya:
1. He’s a morning person, alias suka beraktivitas di pagi hari. Kalo aku, suka males-malesan di pagi hari. Aku bisa masak jam satu malam, tapi kalo disuruh masak jam lima pagi? I’m not sure.
2. Dia gak suka candaan-candaan yang kasar dan jorok. Sedangkan aku, emang agak urakan dan biasa aja sama candaan yang model begitu.
3. Aku belum terlalu kenal, jadi jelek-jeleknya dia aku belom tau.

Sekarang Ryan, kelebihannya:
1. ganteng
2. baik
3. gak neko-neko
4. gak pelit alias royal. Gak perhitungan soal uang
5. gak pernah janji-janji manis, langsung serius menjalin hubungan
6. keluarganya baik sama aku
7. mapan
8. Sudah terbukti mau nerima aku yang emosional ini.
9. sabar (hanya orang sabar yang bisa tahan sama aku)
10. sama-sama bukan morning person. Asik dah kalo pagi kelonan bareng. Wkwkwk…

Kekurangannya:
1. Dia gak bisa naik motor (tapi kan kita masih bisa naik taksi atau angkot)
2. Gak terlalu suka jalan-jalan (tapi dia gak pernah nolak nemani aku jalan-jalan, bahkan kalo jalan-jalannya ke mall sampe berjam-jam sekalipun)
3. Tinggal di Kota yang jauuh dari aku (kota T, itu 4 jam naek pesawat dari kotaku). Jarang bisa ketemu. Tapi sekarang syukurlah dia dah dipindahtugaskan ke Kota S yang cuma 1/2 jam naek pesawat.

Akhirnya aku pilih Ryan, dan dialah yang jadi suamiku sekarang. Ari, aku dah putusin untuk tidak kontak lagi dengan dia, setelah aku memajang foto pertunanganku dengan Ryan sebagai foto profil di Facebook 🙂 . Ya, kalo dah tunangan kan artinya aku udah terikat, dah gak boleh lagi flirting sama cowok lain.

—————

Mungkin kedengaran konyol, tapi kurasa dua peristiwa di atas (milih skincare dan milih cowok), kurasa mirip.

Yah, aku silau sama review di Forum soal pelembab Viva yang bisa bikin kinclong itu. Tapi kan itu bikin kinclong di kulit dia, di kulit aku kan belum tentu bikin kinclong juga. Belum tentu cocok. Cocok di dia bukan berarti cocok di aku.
Dan lagi, haruskah aku meninggalkan pelembab TDF ku yang dah terbukti berjasa memperbaiki kondisi kulitku, hanya demi pelembab Viva yang belum pasti?
Kemudian aku mengingat masa-masa pedihnya ketika berjerawat. Jangan sok deh mentang-mentang sekarang udah gak jerawatan trus jadi lupa diri dan centil nyobain ini-itu.

Soal cowok.
Ya, Ari memang mendatangkan warna berbeda di hari-hariku. Aku jadi semangat karena ada yang ngajak jalan-jalan. Itu. Ya, memang itu aja sih. Lainnya aku gaktau. Aku gaktau apa dia sabar pa gak. Aku gaktau apa dia masih mau sama aku kalo ngliat betapa seremnya aku ketika ngamuk.

Sedangkan Ryan, dia mau nerima jelek-jeleknya aku. Dia udah tau aku kalo ngamuk-ngamuk kayak apa, dan dia tetep mau.

Haruskah aku meninggalkan Ryan untuk Ari yang belum jelas? tidak, bodoh sekali kalo aku sampe melakukannya.

Kemudian aku inget pas masa-masa jomblo. Galau-galaunya karena gak punya cowok. Tiap malem berdoa supaya dikasi cowok yang ganteng, baik, perhatian, bla bla bla. Dan begitu udah dapet cowok yang seperti itu, kemudian karena ada opsi cowok lain, aku hampir saja melepaskan cowok baik itu. Gak usah sok kecantikan dah lu. *Plak! *tampar pipi sendiri.

Yah, untuk setia emang banyak godaannya. Kita perlu banyak-banyak bersyukur, dan gak lupa sama masa lalu kita. Ingat-ingat jaman susah dulu deh.

image

Sedih…

Sedih banget ketika apa yang udah kita rencanakan dan impikan jauh-jauh hari ternyata gak sesuai dengan kenyataan.

Aku sengaja ngambil cuti bersalin jauh-jauh hari, satu bulan sebelumnya, supaya bisa menghabiskan banyak waktu dengan suamiku. Ya, kami adalah pasangan LDR. Bagiku, kebersamaan adalah hal yang istimewa.

Aku ambil cuti. Kemudian aku terbang ke Kota S, ke tempat dimana suamiku dan orangtuanya tinggal. Dan di sinilah masalahnya terjadi.

Suamiku orang yang sangat baik. Mertuaku juga baik, baik sekali malah. Tapi masalahnya, rumah yang aku tempati betul-betul gak nyaman: berantakan, kotor, penuh dengan barang-barang yang digeletakkan begitu saja.

Aku tidak akan bercerita rinci keadaan rumah itu, karena aku menghormati suamiku. Aku gak tega kalo harus menceritakannya. Walaupun kalian tidak tau siapa aku 🙂

Ya, intinya bayangkan saja rumah yang saking penuhnya dengan barang, sampe gak menyisakan space kosong kecuali tempat untuk kita berjalan saja.

Bayangkan saja rumah yang saking penuhnya bahkan tidak bisa digunakan untuk menerima tamu. Ya, mertuaku kalau menerima tamu menumpang di rumah saudaranya.

Bayangkan saja rumah yang saking penuhnya, satu-satunya tempat yang bisa digunakan untuk duduk hanyalah di ranjang masing2. Bahkan untuk makanpun harus duduk di ranjang karena tidak ada tempat lain di rumah itu yang bisa digunakan untuk duduk. (Lantai kamar suamiku yang sempit itu bahkan penuh dengan barang-barang mamanya).

Ironisnya, barang-barang yang bikin rumah penuh itu sepertinya barang-barang yang tidak terpakai, yang harusnya dibuang saja. Beberapa barang (eh, banyak ding) malah udah jelas-jelas kalau itu sampah yang seharusnya memang dibuang ke tempat sampah. Sungguh aku gak ngerti. Barang-barang itu benar-benar gak ada fungsinya selain sebagai penadah debu.

Tak ada yang bisa kulakukan disitu.
Mau nyapu juga gak bisa. Apanya yang disapu? Lawong semua lantai penuh barang. Ngepel apalagi. Banyak debu dan kotoran disana, karena rumah itu bahkan tidak bisa dibersihkan.

Mau nyuci piring juga males, karena tempat nyuci piringnya juga gak nyaman.

Mau masak juga males, karena dapurnya juga gak nyaman.
Gak nyaman gimana? Yah, secara singkat bisa kukatakan kotor dan berantakan. Maaf aku gak mau menceritakan secara rinci 🙂

Mau nyuci baju juga males… karena yah alasannya sama kayak di atas deh.

Yups… aku tipe orang yang perlu tempat yang tepat untuk melakukan sesuatu.

Setiap habis mandi aku juga bukannya seger dan rileks, tapi malah cemberut dan bad mood. Yah.. alasannya sama kayak di atas.
Apalagi pas hamil tua gini, sering beser, membuatku harus sering bolak balik kamar mandi. Dengan keadaan kamar mandi yang tidak nyaman, membuatku stress juga.

Semua itu, ditambah ventilasi yang buruk (panas, pengap)… membuatku tertekan.
Aku jadi susah tidur. Mataku ngantuk, tubuhku lelah, tapi aku tidak bisa tidur. Kadang saking stressnya aku nangis-nangis sendiri, sambil berbicara pada janinku supaya dia cepat lair, supaya aku bisa segera keluar dari situ. Yah, tentu saja pas suamiku lagi kerja.

Oh ya… dulu rencananya seminggu setelah lairan aku akan tetap berada disitu, baru kemudian pulang ke rumah ortuku. Tapi, kemudian aku membayangkan kalo aku gak akan tega kalo bayiku berada disitu. Dengan kondisi rumah yang tidak sehat seperti itu. Ini juga jadi beban pikiranku.

Lama-lama suamiku bisa membaca kalo aku stress. Dia menanyakan kenapa? Awalnya aku gakmau terus terang… takut dia tersinggung. Tapi akhirnya aku gak kuat juga, kuceritakan semuanya. Kuceritakan bahwa aku gak betah di rumah ini karena bla bla bla.

Suamiku menghela napas, dan berkata,”ya, semua orang punya kelebihan dan kekurangan. Dan inilah salah satu kekuranganku: rumahku berantakan. Tapi aku juga gak mungkin bilang ke mama (ibunya, maksudnya), karena mama bisa sakit hati. Mama gak boleh stress, Dik.”

Aku jawab:”tapi aku gak tahan Mas. Keadaan rumah ini bener-bener bikin aku stress. Ijinkan aku pulang saja ke rumah ortuku, daripada aku stress disini, kamu juga yang kena.”

Suamiku sepertinya emosi mendengar perkataanku, karena setelah itu dia berkata dengan nada keras,”kalau kamu pulang, aku akan tersinggung. Mama dan ayahku juga!”

Aku hanya bisa nangis.

Setelah itu hubungan kami makin memburuk. Aku semakin malas berbicara dengannya. Diapun juga sudah malas membujukku. Dua hari kemudian, aku benar-benar pergi dari rumahnya. Dan dia tampak marah sekali.

Saat itu aku hanya memikirkan aku dan bayiku. Aku takut kalo aku terus-terusan stress gitu, akan berpengaruh buruk terhadap janinku.

Sekarang, sudah hampir 2 minggu sejak aku pergi dari rumahnya. Gak bisa kupungkiri kalo aku kangen dia. Aku sudah mengirim pesan, tapi gak ada yang dibalasnya. Mungkin dia masih marah.

Kadang aku mikir, apa aku dah salah ngambil keputusan? Lalu aku harus gimana?

Kadang juga merasa bersalah sama mertua. Mereka sangat baik terhadapku. Sampe-sampe semua perlengkapan bayiku mereka semua yang beliin. Kapan hari mereka juga memberiku kejutan dengan membawaku ke rumahku tanpa sepengetahuanku… karena aku pernah bilang ke suamiku karena aku kangen ibuku. Ah… orang-orang baik itu. Kalau inget begitu, aku merasa bersalah sekali.

Andai saja rumah mereka nyaman dihuni… alangkah sempurnanya semuanya. Bukan mauku juga kalo aku gak tahan berada di rumah itu.

Ya, semua rumahtangga punya ujiannya sendiri-sendiri. Dan mungkin inilah ujianku kali ini.

Suamiku…. I miss you.

Ibu Hamil Jaman Dulu vs Ibu Hamil Jaman Sekarang

image

Sebagai ibu hamil yang berada di jaman serba internet ini (yup… sekarang aku lagi hamil 38 minggu), gak heran kalo aku rajin-rajin cari info soal kehamilan, baik dari forum maupun dari artikel. Informasi benar-benar tak terbatas, kita bisa cari apapun yang kita mau di internet.

Dunia maya yang tanpa batas ini seperti ini ada baiknya tapi juga ada jeleknya. Di satu sisi kita bisa mendapatkan info yang bermanfaat. Tapi di sisi lain, terlalu banyak info juga bisa bikin kita paranoid berlebihan. Padahal, info dari internet belum tentu benar juga.

Okey, sesuai dengan judul, yuk kita bahas santai, bedanya ibu hamil dulu dan sekarang.

1. Pas awal-awal tau kalo aku hamil, aku excited , gembira, tapi sekaligus bingung cemas. Secara aku tinggal sendiri di rantau. Jauh dari ortu dan suami. What I should do? Aku harus ngapain nih? Oh, aku harus cari dokter kandungan buat ngecek kandunganku tiap bulan. Cari dokter kandungan yang bagus, aku tanya teman-teman kantor. Teman-teman banyak yang merekomendasikan Dokter Z. Gak cukup dengan rekomendasi teman-teman, sebelum memutuskan untuk menjadikan Dokter Z sebagai dokterku… terlebih dulu aku cari di internet review soal Dokter ini. Setelah yakin kalo beliau kayaknya emang bagus, barulah aku kesana.

Sementara ibuku? ketika kutanya, gimana dulu waktu beliau hamil. Katanya sih cuma periksa aja di puskesmas. Dah gitu aja. So simple. Lairannya? di dukun beranak pernah, di bidan juga pernah.

Ibu juga pernah cerita kalo dulu pas hamil aku, beliau gak nyadar kalo lagi hamil. Yang ibu tau, beliau telat mens. Kemudian pergilah beliau ke bidan biar disuntik supaya mens nya lancar.

Trus aku protes,”lah… kenapa kok gak tes dulu hamil pa nggaknya. Kenapa buru-buru suntik mens?”

Jawab ibu:”yaaa… gak kepikiran. Jaman dulu mah kalo orang telat mens ya ke bidan aja buat suntik supaya mens nya lancar. Eh… tapi setelah suntik itu, bulan berikutnya ibu tetap gak mens. Ternyata ibu lagi hamil kamu. Berarti memang kamunya yang bandel, disuntik gak mempan.”

Hahaha… sial -_-

2. Soal skincare dan kosmetik.
Pada umumnya, ibu hamil jaman sekarang banyak yang berpendapat kalo menggunakan skincare dan kosmetik selama hamil itu hukumnya haram. Setidaknya itu yang kuliat pada teman-temanku, yang rela berkusam-kusam ria selama hamil.

Kalo browsing-browsing di internet, memang ada daftar panjang bahan-bahan/ingredients kosmetik yang dilarang digunakan oleh ibu hamil. Kategorinya pun macam-macam. Ada yang benar-benar tidak boleh digunakan karena terbukti bisa membahayakan janin pada manusia (seperti retinoid acid). Nah kalo ini gak usah dibantah lagi karena buktinya juga memang udah ada. Merkuri juga, bahaya buat ibu hamil. Tapi jaman sekarang, bodoh aja kalo masih ada yang mau pake skincare abal-abal yang terduga mengandung merkuri.

Ada yang kategorinya masih abu-abu alias belum terbukti pada manusia, seperti BHA/salicylic acid dan paraben.

Celakanya, jaman sekarang dua ingredients itu banyak terdapat di produk-produk yang beredar di pasaran. Setidaknya ada dua produk skincare harian yang kupakai yang mengandung BHA, yaitu Hadalabo Tamagohada Facial Wash, dan sabun dettol buat cuci tangan.

Sementara paraben? ya, itu bahan pengawet yang ada di hampir setiap kosmetik. Coba deh cek skincare/kalian, pasti ada parabennya (methylparaben).

Awalnya baca info itu, aku jadi takut pake skincare ku. Takut bayiku kenapa-kenapa, takut ngaruh ke janin. Aku beralih ikut aliran naturalis (halah), pake blenderan oatmeal buat cuci muka, pengganti facial wash. Aku cocok-cocok aja sih pake oatmeal, kulitku gak bereaksi aneh-aneh (jerawatan misalnya). Tapiii masalahnya, kamar mandiku jadi rusuh, gampang kotor dan licin lantainya oleh bekas-bekas oatmeal. Mana agak ribet pula pakenya. Disendok dulu ke telapak tangan, campur air dikit, bejek-bejek pake ujung-ujung jari sampe keluar ‘milk’ nya. Baru dipake buat cuci muka. Arrrgghh… rempong!

Gak tahan, akhirnya kembali lagi aku pake facial wash tamagohada. Awalnya sih takut-takut, tapi setelah kupikir dengan jernih:
* itu kan produk yang wash off. Yang cuma mampir sebentar di kulit kita, kemudian dibilas.
* pada produk pasaran (produk yang bukan produk dokter), pada umumnya gak ada yang mengandung ingredients yang ekstrim. Misalnya BHA pada Hadalabo, presentasenya dalam produk pastilah kecil.

Bismillah aja, akhirnya aku kembali pake skincare seperti biasa.

Pas aku tanya ke ibuku, gimana waktu beliau hamil dulu. Pake kosmetik-kosmetikan gitu gak. Ibuku jawab iya. “Tetep lah dandan seperti biasa.”

Hahaha… oke deh. Enaknya jadi ibu hamil jaman dulu, gak mikir ingredients segala -_-

3. Soal makan
Pas awal-awal hamil, aku rajin cari info makanan apa yang gak boleh dimakan sama ibu hamil. Mau makan rambutan, googling dulu boleh gak nya. Mau makan coklat, googling dulu. Mau mamam kepiting, googling dulu. Mau ngeteh, googling dulu. Capek sih, apalagi kadang informasi yang kita dapet simpang siur. Di artikel yang ini bilang boleh, di artikel yang lain bilang gak boleh. Pusing gak tuh!

Aku sempat ‘mengharamkan’ beberapa makanan:
* sate! takut dagingnya gak mateng bener. Tiap kali lewat warung sate favoritku, cuma bisa glek aja nyium aromanya.
* teh dan kopi, karena mengandung kafein. Katanya gak baik buat kalsium bayi dan ibu.
* ikan laut. Ikan laut emang bisa bikin cerdas bayi. Tapi jeleknya, ikan di lautan kita yang kotor ini resiko terpapar merkuri. Tau efek merkuri buat janin kan? bisa bikin autis.

Pas aku nanya ke ibuku, dulu pas hamil beliau ada pantangan makanan gak? jawabnya cuma hindari aja yang panas-panas, kayak durian dan tape. Dah, itu aja. Guampang ya -_-

Tapi aku pernah ngobrol sama temen, dan dia ngasi nasehat yang menurutku bijak. Gini katanya,”gak usah terlalu paranoid mbak. Dilogika aja kan bisa. Yang penting, kalo makan sesuatu jangan berlebihan aja. Duren, sepotong dua potong, bolehlah. Hamil gak hamil, kan sesuatu yang berlebihan emang gak baik.”

Alhasil, trimester ketiga ini aku mulai agak-agak ‘nakal’. Mulai berani incip-incip durian. Beberapa kali makan sate kambing, sering minum teh anget tiap pagi (aah… ini surga banget dah), dan sesekali minum kopi. Dan alhamdulillah kayaknya semuanya baik-baik aja. Tiap kontrol ke dokter hasilnya bagus, dan aku juga gak pernah flek.

4. soal melahirkan.
Menjelang HPL, aku mulai gelisah. Mikir, gimana ya lairanku nanti? gimana caranya untuk tau kalo emang udah waktunya melahirkan?
Yuk mare kita browsing-browsing lageee…
Kalo mau melahirkan, biasanya akan mengalami salah satu dari 3 ciri ini
* keluar lendir bercampur darah dari vagina
* pecah ketuban, ditandai dengan rembesan air yang mengalir tanpa bisa ditahan
* kontraksi yang intens

Trus, posisi janin juga bakal menentukan persalinan. Kalopun gak sungsang, bukan berarti aman-aman aja. Masih ada lagi namanya posisi janin anterior dan posterior. Kalo anterior akan lebih mudah nglairinnya, sedangkan kalo posterior agak susah. Kata artikelnya sih gituu. Nih, perbandingan posisi anterior dan posterior.

image
posterior
image
anterior

Jadi galau, janinku anterior apa posterior ya?

Trus galau juga, ketika baca kalo kita waktu lairannya udah lewat HPL, apalagi sampe lewat dari 42 minggu, bisa bahaya. Karena janin yang terlalu lama di dalam perut bisa mengalami pengapuran plasenta.

Pas aku tanya ke ibuku soal pengalamannya waktu lairan dulu. Kurang lebih kayak gini dialognya:
Aku: Bu, dulu ibu lairannya di minggu keberapa?
Ibu : nggak tau. Nggak ngitung. Yaa… pokoknya sekitaran 9 apa 10 bulan gitu.
Aku: Trus waktu lairan dulu ibu tanda-tanda yang muncul apa dulu? pecah ketuban, kontraksi, apa keluar lendir darah?
Ibu : mbuh, pokoknya kalo udah krasa perut sakit banget ya ibu naek becak ke bidan. Trus lairan deh.

Hadeeh… -_-
Jawaban ibu emang gak banyak membantu, tapi lumayan bikin aku agak nyantai. Sesantai ibuku menghadapi kehamilan dan persalinannya. Wkwkwk…

Gak mikir browsing dulu sebelum makan.
Gak mikir ingredients kosmetik.
Gak mikir HPL.
Gak mikir anterior posterior.
Indahnya dunia. Huehehe…

FYI, ibuku dulu nglairin aku dalam keadaan sungsang, di bidan. Kalo jaman sekarang, mungkin udah di-sesar kali ya.